Teknologi Canggih Buatan Indonesia

Teknologi Canggih Buatan Indonesia! Indonesia adalah salah satu negara berkembang. Meskipun Indonesia masuk ke dalam daftar tersebut,  namun orang Indonesia pun mampu menciptakan banyak teknologi canggih dalam berbagai macam bidang. Dan beberapa teknologi buatan Indonesia sudah ada yang dipatenkan serta mendapat pengakuan oleh dunia internasional, hingga banyak dipakai oleh negara asing. Penasaran teknologi canggihnya seperti apa? Yuk, simak ulasannya.

Baca Juga : Teknologi Terbaru di Bidang Medis

Komputer Tablet Wakamini dan Wakatobi

Teknologi canggih buatan Indonesia yang pertama adalah komputer tablet Wakamini dan Wakatobi. Mungkin sebagian dari kalian masih belum mengetahui jika terdapat perangkat komputer tablet yang 100% buatan Indonesia. Wakamini dan Wakatobi adalah dua jenis tablet yang sudah resmi diluncurkan beberapa waktu lalu. Untuk ukurannya sendiri Wakamini berukuran 10 inchi, sedangkan untuk Wakatobi berukuran 8,9 inchi. Ke dua tablet ini tidak kalah kemampuannya seperti tablet buatan luar negeri.

Mobil Arina – SMK

Pada waktu itu sempat menjadi perbincangan yang hangat di masyarakat Indonesia tentang mobil buatan para pelajar Indonesia. Nah ternyata ada yang berhasil loh, namanya adalah mobil Arina – SMK. Mobil ini hasil kerja sama antara Armada Indonesia dengan para siswa SMK. Arina – SMK dirancang dengan menggunakan sebuah mesin sepeda motor yang mempunyai kapasitas mesin 150cc, 200cc, dan 250cc. Yang membuat mobil ini menarik adalah, konsumsi bensin yang diperlukan hanya satu liter untuk 40 km.

Chipset Xirka

Teknologi canggih buatan Indonesia yang berikutnya adalah Chipset Xirka. Engineer Indonesia pernah membuat chipset yang diberi nama Xirka untuk layanan Wimax. Pada tahun 2006, chipset yang memiliki kompleksitas sangat tinggi ini mulai dikembangkan. Lalu pada tahun 2008 mulai diluncurkan oleh Menteri Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Terdapat dua jenis chipset yakni untuk Fixed Wimax dan untuk Mobile Wimax pada tahun 2009. Itulah mengapa semua operator yang memberikan layanan Wimax harus menggunakan chipset ini.

Radar Pengawas Pantai

Selanjutnya, ada radar pengawas pantai. Radar ini diberi nama Indonesia Sea Radar atau ISRa di mana teknologi yang satu ini adalah asli buatan para ilmuwan Indonesia  yang bekerja di LIPI atau Lembaga llmu Pengetahuan Indonesia. Radar ini sangat membantu dalam bidang transportasi, apalagi transportasi laut. Tak hanya mambantu dalam bidang transportasi, teknologi ini pun membantu dalam bidang yang lainnya, termasuk dalam bidang pertahanan dan keamanan.

Kontainer Limbah Nuklir

Teknologi canggih buatan Indonesia yang selanjutnya ada kontainer limbah nuklir. Bentuk dari kontainer ini silinder dengan bahan titanium. Berfungsi untuk menyimpan limbah nuklir dari PLTN atau Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir, sebelum limbah ini diolah kembali menjadi bahan yang aman atau bisa didaur ulang. Teknologi ini sudah memperoleh hak paten di Indonesia dan juga Amerika Serikat. Namun sayangnya teknologi ini masih belum terpakai di Indonesia, sebab Indonesia belum mempunyai PLTN.

Pondasi Cakar Ayam

Dalam bidang konstruksi terdapat istilah pondasi cakar ayam. Teknologi yang satu ini bisa memperkokoh sebuah bangunan. Pondasi cakar ayam ini ditemukan oleh seorang ilmuwan Indonesia di tahun 1961. Pondasi ini bisa mengurangi tekanan dari bobot bangunan pada permukaan tanah sampai dengan 75% dibandingkan dengan pondasi yang biasa. Sekarang ini pondasi cakar ayam sudah digunakan diberbagai negara, seperti Amerika Serikat, Prancis, Jerman, Inggris dan Belanda.

Nah, itulah beberapa teknologi canggih buatan Indonesia. Semoga informasi kali ini dapat bermanfaat bagi kalian semua. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *