Teknologi Terbaru di Bidang Medis di Indonesia

Teknologi Terbaru di Bidang Medis! Kesehatan ialah salah satu bidang yang dari masa ke masa akan semakin dikembangkan. Sekarang ini perngobatan dan juga fasilitas medis sudah berbasis teknologi. Semuanya sudah dikembangkan agar lebih mempermudah di dalam pembuatan obat, penelitian dari sebuah virus atau pun penyakit baru, dan juga untuk membantu di dalam masa penyembuhan seorang pasien. Ingin tahu seperti apa perkembangan teknologi dalam bidang medis? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Teknologi Penyambung Sel Kulit dan Tulang

Teknologi terbaru di bidang medis yang pertama adalah teknologi penyambung sel kulit dan tulang. Penelitian yang dilakukan di Ohio University sudah menemukan sebuah media pengobatan, yakni berupa ‘Chip’ khusus yang dapat langsung menyambungkan sel-sel kulit dan juga tulang untuk penahan sementara sebelum medapatkan penangan lebih lanjut lagi. Besarnya hanya seukuran sim card handphone kalian. Chip ini telah diprogram khusus agar dapat langsung menyatu dengan sel-sel kulit.

Lalu Ohio University mengeluarkan temuan baru yang diberi naman cargo atau sebuah sengatan listrik yang akan dialirkan dengan arus listrik tertentu, yang dapat menginstrusikan kulit kalian untuk menutup luka. Disini  ini bernama Tissue Nanotransfection atau yang biasa disingkat dengan TNT.

Teknologi Pembakar Lemak

Yang kedua adalah teknologi pembakar lemak atau nama medisnya adalah microneedle patch dengan teknlogi nanopatch-nya. Teknologi yang satu ini dibuat oleh para peneliti dari Colombia University Medical Centre. Namun sayangnya tidak semua orang dapat mengaplikasikan teknologi yang satu ini.

Seperti misalnya para pengkonsumsi obat diet, mereka harus memiliki jangka waktu tertentu, agar obat dietnya berkurang. Untuk cara kerjanya sendiri adalah dengan mengendalikan obat yang sudah diinjeksikan pada microneedle di area-area tertentu yang sudah ditentukan oleh para tenaga medis.

Teknologi Pengontrol Hanya Dengan Sebuah Pikiran

Teknologi terbaru di bidang medis berikutnya adalah sebuah teknologi pengontrol di mana kalian bisa mengontrolnya hanya dengan pikiran saja. Alat ini sangat berguna bagi para penderita lumpuh. Di mana mereka akan sulit untuk melakukan berbagai macam kegiatan yang ia perlukan secara sendirian. Di zaman yang semakin modern seperti sekarang ini, bukanlah hal yang aneh apabila kemampuan teknologi dapat disamakan dengan kemampuan telepati.

Teknologi ini disebut dengan Brain Computer Interfaces atau BCIS. BCIS sendiri adalah sebuah teknologi yang ditemukan dari hasil penelitian Graz University of Technology. Ada juga yang menyebutnya dengan Brain Composer. Penemuan yang satu ini dapat menangkap pesan yang terdapat dalam otak, kemudian akan diteruskan menjadi sebuah perintah, di mana segala kebutuhan ringan yang diperlukan oleh pasien penderita lumpuh.

Pen Pendeteksi Kanker

Teknologi terbaru di bidang medis yang selanjutnya adalah pen pendeteksi kanker. Kanker masih menjadi salah satu penyakit yang ditakuti oleh banyak orang. Masspec Pen adalah sebuah penemuan yang berhasil dibuat oleh University of Texas di mana kalian bisa mendeteksi lebih dini dengan penemuan pen pendeteksi kanker. Alat ini adalah pena yang berbentuk sebuah device. Pena ini akan berfungsi untuk membedakan kanker yang dalam masa penyembuhan dalam waktu sepuluh detik saja.

Untuk cara kerja dari MassPec ini sendiri yakni dengan cara membandingkan beberapa molekul yang biasanya disebut dengan metabolites. Lalu pendeteksi kanker ini akan langsung mendeteksi apakah terkena kanker atau tidak. Hebatya, sebanyak 10-20% kasus kanker dapat terdeteksi, meskipun sel kanker tersebut membeku.

Sekian pembahasan mengenai teknologi terbaru di bidang medis. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *